Buku Praktis Belajar Fisika untuk Kelas XII ini terdiri atas sembilan bab, yaitu Gelombang dan Sifat-Sifatnya, Gelombang Bunyi dan Cahaya, Elektrostatika, Induksi Magnet, Induksi Elektromagnetik dan Arus Listrik Bolak-Balik, Teori Kuantum, Teori dan Model-Model Atom, Teori Relativitas Khusus, serta Fisika Intl dan Radioaktivitas.

Di setiap awal bab disajikan Advance Organizer dan Soal Pramateri. Advance Organizer yang dilengkapi dengan Gambar Pembuka Bab berisi contoh-contoh penerapan atau manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat merangsang keingintahuan Anda tentang materi yang akan dipelajari. Adapun Soal Pramateri merupakan uji awal pengetahuan umum Anda tentang materi yang akan dipelajari yang dapat mengembangkan kecakapan personal Anda. Untuk membantu Anda memaharni materi pelajaran, Gambar dan Ilustrasi disajikan secara menarik dan faktual. Selain itu, disajikan pula tugas Kerjakanlah yang merupakan tugas sederhana berupa soal dan kegiatan ilmiah yang dapat mengembangkan kecakapan sosial dan akademik Anda. Ada pula kegiatan Mahir Meneliti dan Kegiatan Semester yang perlu Anda kerjakan secara mandiri maupun berkelompok. Kedua kegiatan tersebut dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan, etos kerja, semangat inovasi/kreativitas, daya saing, kecakapan sosial, dan dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skill) Anda.

Materi-materi bab di dalam buku ini disesuaikan dengan perkembangan ilmu dan teknologi terkini. Selain itu, buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan komunikatif sehingga seolah-olah Anda berdialog langsung dengan penulisnya. Penulisan buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu media atau sarana belajar Fisika. Kami menyadari bahwa penerbitan buku ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dan berbagai pihak. Untuk itu, dengan hati yang tulus, kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan. Semoga buku ini dapat memberi kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia.