Penyajian materi pembelajaran pada buku Bahasa Indonesia ini menggunakan teks dalam konteks sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan fungsi komunikasi. Oleh karena itu, untuk mencapai kompetensi berbahasa dan bersastra yang diharapkan peserta didik diajak untuk mengikuti tahapan belajar secara ilmiah (scientific) atau dengan tahapan pedagogik. Pembelajaran dimulai dari pemahaman teks yang dipandang memiliki kekhasan cara pengungkapan struktur retorika, isi, dan penggunaan unsur kebahasaan. Selanjutnya, peserta didik diajak untuk melakukan pemodelan  dan mendekonstruksi. Aktivitas berikutnya adalah mengkonstruksi teks, baik dengan bantuan teman maupun guru. Namun, pada akhirnya, peserta didik harus dapat mengkonstruksi secara mandiri.

Materi yang akan dipelajari di kelas X SMA/MA atau SMK/MAK terdiri atas:

  1. Laporan Hasil Observasi;
  2. Eksposisi;
  3. Anekdot;
  4. Cerita Rakyat;
  5. Negosiasi;
  6. Berdebat; 
  7. Biografi; dan
  8. Puisi.