Keberadaan alat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga merambah dunia ilustrasi. Ya, setelah dua tahun berkenalan dengan alat TIK, mengoperasikan komputer, hingga memanfaatkan kecanggihan internet, sekarang Anda dibimbing menyelami software grafis.

Sesuai dengan namanya,softwaregrafis adalah salah satu sarana dalam komputer.Sofwaregrafis atausoftware pengolah gambar ini memegang peran penting dalam berbagai bidang kehidupan. Bahkan, sejak lama softwaregrafis melahirkan istilah baru yaitu ilustrasi digital (digital illustrations).

Ibarat kuas, software grafis akan menghasilkan karya hebat jika digunakan dengan tepat. Begitu pula dengan karya Anda. Karya ilustrasi digital Anda akan hebat jika Anda tekun berlatih dan belajar.

Buku ”Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat Anda jadikan rujukan untuk mengenalsoftwaregrafis. Dalam buku ini Anda dapat berkenalan dengan CorelDRAW X3 sertaAdobePhotoshop CS3. Selain itu, dalam buku ini Anda dapat pula mengenalsoftwareMicrosoftPowerPoint2003. Sebagai gambaran, Microsoft Power Point 2003digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi. Jadi, ilustrasi digital Anda dapat pula ditampilkan kepada khalayak menggunakan Microsoft PowerPoint2003