Untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pembelajaran materi Geografi, Anda dapat menggunakan buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia untuk Kelas XII. Dalam buku ini disajikan berbagai langkah kegiatan belajar mengenai materi-materi Geografi yang dapat Anda ikuti secara bertahap sesuai dengan tingkat perkembangan kognisi siswa.

Materi-materi pembelajaran pada buku ini disajikan secara sistematis, komunikatif, dan integratif. Di setiap awal bab, dilengkapi gambar pembuka pelajaran, bertujuan memberikan gambaran materi pembelajaran yang akan dibahas, dan mengajarkan siswa konsep berpikir kontekstual sekaligus merangsang cara berpikir kontekstual. Selain itu, buku ini juga ditata dengan format yang menarik dan didukung dengan foto dan ilustrasi yang representatif. Penggunaan bahasa yang sederhana, sesuai dengan tingkatan kognitif siswa membuat pembaca lebih mudah me mahaminya.

Buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA/MA Kelas XII Program Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri atas empat bab, yaitu Keterampilan Dasar Peta dan Pemetaan, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis (SIG), Kondisi Spasial serta Interaksi Desa dan Kota, Konsep Wilayah dan Pewilayahan, serta Regionalisasi Negara Maju dan Negara Berkembang. Buku ini dilengkapi juga dengan materi dan soal peng ayaan.