Disiplin ilmu Geografi senantiasa memandang setiap fenomena di alam dari sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. Sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual, Anda diharapkan dapat melakukan proses pembelajaran Geografi secara dinamis, aktif, dan kreatif.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pembelajaran materi Geografi, Anda dapat menggunakan buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia untuk Kelas XI. Dalam buku ini disajikan berbagai langkah kegiatan belajar mengenai materi-materi Geografi yang dapat Anda ikuti secara bertahap sesuai dengan tingkat perkembangan kognisi siswa. Melalui buku ini, diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar dan kesiapan membuka diri untuk menerima segala informasi yang berkaitan dengan pembelajaran ini. Pada akhirnya Anda harus dapat memahami manfaat belajar yang telah dilakukan.

Buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia untuk SMA/MA Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri atas empat bab, yaitu Flora dan Fauna, Dinamika Kependudukan, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup. Buku ini dilengkapi juga dengan materi dan soal peng ayaan.