Kimia merupakan ilmu kehidupan. Fakta-fakta kehidupan, seperti tumbuhan, manusia, udara, makanan, minuman, dan materi lain yang seharihari digunakan manusia dipelajari dalam Kimia. Kimia sangat erat kaitannya dengan kehidupan.

 

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan Kimia di sekolah agar membentuk siswa yang memiliki daya nalar dan daya pikir yang baik, kreatif, cerdas dalam memecahkan masalah, serta mampu mengomunikasikan gagasan-gagasannya. Atas dasar inilah kami menerbitkan buku Praktis Belajar Kimia ke hadapan pembaca. Buku ini menghadirkan aspek kontekstual bagi siswa dengan mengutamakan pemecahan masalah sebagai bagian dari pembelajaran untuk memberikan kesempatan kepada siswa membangun pengetahuan dan mengembangkan potensi mereka sendiri

Buku Praktis Belajar Kimia untuk Kelas X ini terdiri atas bab Pendahuluan dan delapan bab isi, yaitu Sifat Periodik dan Struktur Atom, Ikatan Kimia, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi, Perhitungan Kimia, Daya Hantar Listrik dan Reaksi Redoks, Hidrokarbon, Minyak Bumi dan Petrokimia, dan Senyawa Organik dalam Kehidupan Sehari-hari.