Berbagai jenis teks seperti naratif, eksposisi, dan diskusi menjadi teks rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di Fase F. Akan tetapi, dalam buku Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas XI, materi-materi yang disajikan berfokus pada bentuk teks jenis naratif dan eksposisi. Sedangkan materi-materi untuk jenis teks diskusi akan dipelajari pada Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas XII. Selain itu, karena buku ini ditujukan sebagai buku Bahasa Inggris tingkat lanjut, maka pelajaran yang disajikan dalam buku ini bersifat pengayaan dari materi-materi yang telah dipelajari dalam pelajaran Bahasa Inggris di kelas reguler. Oleh karenanya, sebelum mempelajari buku ini, peserta didik diharapkan telah menyelesaikan pembelajaran di kelas Bahasa Inggris reguler (Fase A-E).

ecara langsung maupun tidak langsung, kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku teks pelajaran ini juga memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengintegrasikan nilai–nilai karakter sebagaimana yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila, kecakapan abad 21, literasi, HOTS (Higher Order Thinking Skills), dan keterampilan revolusi industry 4.0. Dalam menggunakan buku ini, guru diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik sesuai dengan keadaan lingkungan sosial dan konteks mengajar. Selain itu, guru juga diharapkan dapat memperkaya isi buku dengan mengkreasikan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang ada sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing peserta didik