Buku ini menghadirkan aspek kontekstual bagi siswa dengan mengutamakan pemecahan masalah sebagai bagian dari pembelajaran untuk memberikan kesempatan kepada siswa membangun pengetahuan dan mengembangkan potensi mereka sendiri.

Materi dalam buku ini diharapkan dapat membawa Anda untuk memperoleh pemahaman tentang ilmu Biologi sebagai proses dan produk. Materi pelajaran Biologi yang disajikan bertujuan membekali Anda dengan pengetahuan, pemahaman, dan sejumlah kemampuan untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi, serta mengembangkan ilmu Biologi dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, mendudukkan Biologi hanya sebatas teori di dalam kelas, tidak saja akan membuat siswa kurang memahaminya, tetapi juga menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Melalui buku Praktis Belajar Biologi ini, Anda diharapkan dapat menyenangi pelajaran Biologi.

Buku Praktis Belajar Biologi untuk Kelas X ini terdiri atas tujuh bab, yaitu Mengenal Biologi, Virus dan Kingdom Monera, Kingdom Protista dan Kingdom Fungi, Keanekaragaman Hayati, Kingdom Plantae, Kingdom Animalia, dan Ekosistem.